Monday, March 10, 2008

Malang dan Sekitarnya- Trip wiken ini











Alhamdulillah..koneksi internet dengan Starone udah rada-rada mendingan sekarang, jadinya Bunda bisa update blog ini.
Well..well..kemarin pas liburan Nyepi, kami sekeluarga besar ke Malang. Sebenarnya sih karena pingin mengunjungi adiknya Bunda yang lagi tugas di RS SAIFUL ANWAR Malang. Tepatnya bertugas di bagian ilmu kesehatan anak di RSUD SAIFUL ANWAR tersebut, karena sebagai bagian dari program pendidikannya sebagai calon dokter spesialis anak.
Karena stase di Malang cuma satu bulan, jadi kami menyempatkan diri untuk menengok sekaligus wisata dong..hihihihiy. Kamis malam berangkat jam 20.00 dari rumah soalnya nunggu Bapak selesai IELTS Preparation di IALF. Macet banget di daerah lumpur LAPINDO, soalnya long wiken kali yaa. Tapi alhamdulillah jam 23.00 udah sampai di Malang dan kami menuju ke JONA'S HOMESTAY di jalan..apa ya? Pokoke dekat2 RSUD SAIFUL ANWAR lah.

Overall nginep di JONA'S sih not bad ya. Ada breakfastnya, kamar ada yang pakai AC ada yang gak, demikian juga bathroom ada yang di dalam dan ada yang di luar kamar. Tapi...kayaknya homestay itu udah perlu renovasi deh. Bagian2nya banyak yang udah rusak/kumuh. Dengan harga Rp. 125.000 / malam rasanya over price juga. Soalnya ada hotel-hotel di Malang yang menerapkan paket ekonomis Rp. 120.000 / night.
Pagi-pagi jumat bangun langsung deh cari sarapan NASI MADURA Gang SEMARANG. Macam-macam pilihan sayur mayur berkuah + gorengan jerohan seperti babat, limpa, paru dan lidah sapi sungguh menggoyang selera...slruuppp. Makanannya mak nyuss semua. Harganya reasonable kok, yang Bunda rekomen sih lidah sapi nya yaaa..empuuukk banget. Kalau Paru goreng nya sih gak gitu enak..keras soalnya.






Setelah makan di NASI MADURA..kita bergerak ke Batu...seperti biasa...cari susu sapi murni KUD NANDHI MURNI yang terkenal itu. Untungnya karena berangkat pagi..disana masih belum terlalu ramai, tapi menjelang kita pulang udah gak ada tempat duduk lagi saking penuhnya..(padahal tokonya kecil). Bunda dan Bapak nyobain susu anget + madu, while anak-anak (Shafiya dan Abdiel sepupunya minum susu dingin rasa vanila di botol 180 cc). Ompung Mora minum susu kopi, Tante Anggia minum STMJ dan kita juga nyobain Ote-Ote (Bala-Bala) untuk dimakan rame-rame..wah..enak dan empuuk plus udangnya banyak! Kalau perut ayamnya sih standar banget, demikian juga pastelnya.
Susu KUD ini bisa tahan 1 hari di suhu ruangan, 2 hari di fridge dan 4 hari kalau dimasukin ke freezer. Ada rasa melon, coklat, vanila dan strawberry. Tapi buat kami yang favorite ya rasa VANILLA. Selain susu segar, KUD NANDHI MURNI ini juga memproduksi Ice cream, Yoghurt, dan juga susu soya.
Setelah itu kita lanjut ke COBAN RONDO. Ini pertama kalinya Bunda menginjakkan kaki di wisata air terjun COBAN RONDO. Ternyata asyik banget tempatnya. Kalau Bapak, terakhir kesini tahun 1993. Tempatnya asri banget dengan monyet -monyet liar yang berkeliaran. Warung-warung jagung bakar menggoda selera banget nih..jagungnya muda banget! Terus karena masih kenyang kita jalan terus ke area air terjunnya.

Subhanallah...(lihat foto diatas) air terjun yang meluncur dari ketinggian 85 meter tersebut sungguh cantik. Akibat air terjun itu maka titik air membasahi setiap orang yang mendekatinya (jadi serasa hujan gerimis lokal).
Banyak wisatawan lokal maupun macanegara yang ambil foto, tapi karena bahaya longsor jadinya dibikin batas aman untuk berfoto dengan si air terjun ini.
COBAN RONDO berasal dari kata COBAN = Air terjun, dan RONDO = Janda. Asal Usulnya COBAN RONDO ini adalah sepasang pengantin yang baru aja menikah. Mempelai wanita Dewi Anjarwati menikah dengan Raden Baron Kusuma. Sesudah 36 hari (selapan), Dewi mengajak suaminya untuk pergi ke gunung Anjasmoro, namun sebenarnya orang tua Dewi sudah melarang karena baru selapan. Tapi keduanya nekad pergi. Di perjalanan kedunya bertemu dengan Joko Lelono yang ternyata menyukai Dewi Anjarwati. Raden Baron dan Joko Lelono bertempur, dan Dewi bersembunyi di tempat yang ada COBANnya( COBAN=air terjun). Namun baik Raden Baron maupun Joko tewas dalam pertempuran tersebut. Jadilah si Dewi ini Rondo (alias Janda). Karena itu di sebut COBAN RONDO.
Setelah puas di COBAN RONDO dan jam sudah menunjukkan waktu menjelang Dhuhur, maka kami kembali ke Batu agar para pria bisa melaksanakan shalat jumat. Habis jumatan, kami kembali ke Malang dan persiapan balik menuju Surabaya deh. Dalam perjalanan pulang sempat mampir restoran KERTANEGARA untuk makan late lunch dan alhamdulillah perjalanan pulang ditempuh dalam waktu kurang dari 2 jam karena jalanan sekitar LUMPUR-LAPINDO PORONG lancar banget.
Gitu deh acara keluarga Zulkarnain melewati long wiken ini. Kalau kalian gimana?? Share yaaa
Oya, Rabu ini Bunda akan mengikuti beberapa course dalam acara Singapore National Eye Center International Meeting. Insha Allah 6 hari disana. Titip blog ini yaa..
Mohon maaf kalau foto2 rada gak beraturan..maklum aja GAPTEK..tapi..biarin aja lah..
Hihihiy




No comments: