Wednesday, October 05, 2005

JADIKAN RAMADHAN INI TERINDAH

"Banyak sekali orang yang berpuasa itu, tetapi tidak ada yang diperolehnya dari puasanya kecuali hanya lapar dan dahaga" (H.R. Nasa-i dan Ibnu Majah)

Ramadhan yang datang kali ini adalah jamuan dari Allah.Bersiaplah..dan sambutlah!
Inilah kesempatan bagi kita untuk bermetamorfosa, agar kita bisa lebih ringan untuk bangkit dan terbang menuju Allah.
Dengan begitu..semoga Ramadhan kali ini menjadi Ramadhan terindah bagi kita.

Ambillah ibrah pada sang kupu-kupu (butterfly). Bentuk kupu-kupu pada mulanya adalah seekor ulat yang menjijikkan. Jalannya merayap dan hidupnya rakus menggerogoti dedaunan hingga rusak compang-camping tak karuan. Tapi setelah berubah jadi kupu-kupu..lihatlah. dia tak lagi menjijikkan..

Bentuknya indah, sayap yang berwarna-warni menawan. Kupu-kupu itu sekarang terbang menari di angkasa dari bunga ke bunga dan hinggap tanpa melukai bunga-bunga itu sedikitpun. Tidak merusak tapi memberikan manfaat.
Kupu-kupu telah berhasil berubah dengan sempurna. Tidak hanya secara fisik, namun sifat dan perilaku merusak itu pun kini berubah menjadi indah.

Oh...wahai sang kupu-kupu..bagaimanakan kau bermetamorfosa??

Berpuasa!! Ya...dengan berpuasa..

Sunnatullah menghantarkan ulat menghentikan kerakusannya selama masa berkepompong; ia terdiam, tidak makan dan tidak minum.

Pada suasana yang nampak hening dari luar itu, sesungguhnya sedang terjadi transformasi hebat didalamnya. Perubahan yang sama sekali menuju sesuatu yang baru.

Dan setelah berselang beberapa lama, pada saat yang tepat, ulat keluar dari kepompongnya tidak lagi dengan merayap. Kini ia bersayap dan terbang dia antara bunga-bunga.

Berpuasa telah berhasil membuatnya berubah. Berubah dengan sempurna

Selamat datang ramadhan terindah. Semoga kehidupan penuh kemuliaan dapat kita raih; menjadi manusia takwa yang di ridhai-Nya.

Amin.

(Disunting dari artikel yang di tulis oleh Hanif Hannan-Baitul Mal Hidayatullah)

No comments: