Thursday, December 14, 2006

CHICKEN POX

Masih ingat sakitnya Syaffa minggu lalu (yang demam nggak jelas itu)? Wah..wah..ternyata Syaffa kena Varicella alias chicken pox alias cacar air..

Rashnya baru keliatan pas hari Senin kemarin (dan cuma di kaki kiri aja), setelah pulang sekolah Syaffa bilang kaki kanannya gatal dan dilihat ama Bapak ternyata ...duh..rashnya nambah deh di kaki kanan.

So far...rash chicken poxnya Syaffa cuma di kaki aja..tangan ada juga tapi cuma 1-2. Di badan dan muka nggak ada (jangan sampai deh!). Ini mungkin karena memang Syaffa udah pernah di vaksinasi dengan Varilix. Jadi symptoms yang timbul gak begitu full blown.

Tapi Syaffa tetep aja deh...ceria...memang udah gak demam sih sejak rash keluar. Jadi "tingkah" nya ya tetep aja. Namun begitu, karena Bunda khawatir (khawatir apa gak PeDe yah!!) Bunda bawa juga deh ke DSA (dokter Spesialis Anak) langganan... Disana di resepin Zovirax puyer dan Zovirax cream.

Bunda tapi gak jadi beli Zovirax creamnya...gila aja...5 gram cream harganya sekitar Rp.150.000. Mana harus beli 2 lagi karena kan rashnya luas walau cuma dikaki. Tapi Bunda putuskan gak beli..lha wong yang diminum aja absorbsinya jelek..apalagi yang cuma di "tempel"kan di rash.
Alhamdulillah keputusan Bunda tepat, setelah konsultasi dengan Dr Hardiono P di Anakku
beliau juga bilang kalau Zovirax cream tidak efektif.
Jadi..sesuai guidelines di sini Bunda kasih aja caladine lotion untuk membantu mengeringkan dan menghilangkan gatal akibat chicken pox.

Oya..jangan salah...orang dengan chicken pox gak dilarang untuk mandi lho...justru mandi akan menghilangkan gatal, tapi sebaiknya mandi tidak dengan air yang panas, dan air mandinya bisa dicampurin dengan oatmeal sekitar 2 sendok atau baking soda secukupnya untuk menghilangkan rasa gatal.

Sebenarnya Zovirax ternyata bukan obat yang tepat untuk chicken pox..maksudnya..itu overtreatment gitu..terbukti..setelah minum Zovirax 3 kali...3 kali juga Syaffa muntah byor-byoran sampai lemes karena iritasi lambung..FYI..Syaffa ini termasuk anak yang tahan sakit dan gampang banget minum obat sebenarnya..Semua obat tablet di kremus aja bisa Tapi..kali ini..wis gak akan dikasih lagi deh Zoviraxnya walau udah beli mahal mahal. Lha di minumin itu Syaffa malah gak mau makan, keringet dingin saking nahan sakit perutnya dan malah lemes.

So..sekarang Syaffa boosting aja sistem imunnya dengan makan dan istirahat yang cukup dan vitamin2.

Doakan Syaffa segera sembuh yaaaa...

No comments: