Sunday, April 14, 2013

Bento Making Class

Minggu ini senang sekali deh. Bunda dan Shafiya berkesempatan untuk mengikuti kelas bikin bento (meal box ala jepang).

Sebelumnya, yuk kita intip wikipedia...apa itu BENTO?

Bentō (弁当 atau べんとう?) atau o-bentō adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. Seperti halnya nasi bungkus, bentō bisa dimakan sebagai makan siang, makan malam, atau bekal piknik.

Bentō biasanya dikemas untuk porsi satu orang, walaupun dalam arti luas bisa berarti makanan bekal untuk kelompok atau keluarga. Bento dibeli atau disiapkan sendiri di rumah. Ketika dibeli, bentō sudah dilengkapi dengan sumpit sekali pakai, berikut penyedap rasa yang disesuaikan dengan lauk, seperti kecap asin atau saus uster dalam kemasan mini

Ciri khas bentō adalah pengaturan jenis lauk dan warna agar sedap dipandang serta mengundang selera. Bento dapat pula dihias dan disusun rapi dalam gaya yang disebut kyaraben. Kemasan bento selalu memiliki tutup, dan wadah bentō bisa berupa kotak atau nampan segi empat dari plastik, kotak roti, atau kotak kayu kerajinan tangan yang dipernis. Ibu rumah tangga di Jepang dianggap perlu terampil menyiapkan bentō, walaupun bentō bisa dibeli di mana-mana. Di Indonesia, hidangan ala bento mulai dipopulerkan jaringan restoran siap saji Hoka Hoka Bento sejak tahun 1985.

Nah.....karena penasaran dan pingin gimana sih cara bikin Bento....terus Tante Nien juga lagi bikin 'Bento Making Class', so....Bunda dan Shafiya daftar deh jadi peserta.

Dimulai dengan mencetak nasi....semua ada tips dan triknya lho. Kita pakai desain Hello Kitty. Pertama cetak kepalanya dulu :)
Oya, nasinya ketika ditanak kudu dikasih cuka, gula dan garam sedikit sehingga teksturnya bisa kayak nasi dari beras jepang.

Lalu, bikin egg sheet, wajannya khusus lho. Kudu kotak dan datar. Adonan dadarnya pun kudu dikasih air dikit biar 'nggelender'nya cantik *apa to bahasa indonesianya nggelender :D*

Terus kita bikin sosis, hias2 badan si Hello Kitty, bikin Ayam Oatmeal yang simple tapi uenak. (ˆڡˆ)

Akhirnya selesai deh our first Bento :)

Alhamdulillah-jadi tambah pengetahuan.

Makasih ya Tante Nien :*


Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments: