Monday, April 15, 2013

Detox Day 1

Setelah 3 bulan berusaha menerapkan cara makan 'Food Combining' dan merasakan manfaatnya. Maka saya mencoba memberanikan diri untuk melakukan Detoksifikasi ala Food Combining.

Sebelum itu, apa sih food combining itu?

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!
Food Combining adalah metode pengaturan asupan makanan yang diselaraskan dengan mekanisme alamiah tubuh. Khususnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Dampak dari kombinasi makanan serasi adalah meminimalkan jumlah penumpukan sisa makanan dan metabolisme, sehingga fungsi pencernaan dan penyerapan zat makanan menjadi lancar. Dan pemakaian energi tubuh lebih efisien.


Food Combining mendorong terciptanya perilaku makan yang mengoptimalkan masukan dan penyerapan zat gizi dengan cara mengkonsumsi makanan yang serasi saja setiap kali makan. Selain itu, food combining juga mendayagunakan fungsi sistem pencernaan dengan cara menyesuaikan apa yang dimakan dengan kebutuhan asam basa dan siklus alamiah tubuh agar metabolisme tubuh seimbang.

Dengan pemahaman dasar Food Combining, sebenarnya bisa dilakukan diet tanpa harus tersiksa dengan rasa lapar. Food Combining memungkinkan seseorang mengubah berat badannya menjadi normal dengan tetap mengkonsumsi makanan seperti biasa. hanya saja Food Combining ini harus dilakukan dengan pemahaman terhadap makanan dan sistem pencernaan.

Jadi prinsipnya Food Combining ialah makan berdasarkan ritme sirkadian dan memakan buah utk sarapan serta memisahkan unsur karbohidrat dan protein dalam 1 kali makan.

Nah, apa pula Detoxifikasi ?

Untuk detox, bisa dilihat di link ini yah

http://www.thestyleglossy.com/id/blog/detox_for_health_beauty/index.html#axzz2OVCP6TKF

Singkat cerita, krn merasa pas umroh, kudu lama terpapar dengan obat penunda haid, lalu makanan pas di umroh juga kurang sayur segar dan tidak pernah sarapan buah, maka saya putuskan untuk melakukan detoxifikasi.

Hari ini hari pertama detox. Bangun pagi as usual jeniper (alias minum jeruk nipis peres + air hangat) segelas lalu maem nanas potong.

Setelah itu, minum (kebetulan ada zam-zam) yang banyak sekali (sehari mungkin 3-3,5 liter).

Buah yg dipakai hari ini : Nanas, Guava, Apel, dan Pir.

Sampai jam 12 gak ada masalah, begitu jam 14-17 terjadi 'diare' yang makin lama ampasnya makin habis. Diare yang terjadi kurang lebih 10x. Tapi gak lemas, biasa aja.
Efek detox ini membersihkan saluran cerna.

Habis itu menjelang isya, baru kerasa kepala pusing keliyengan, sampai sekarang sih terasanya. Mungkin lebih baik dibawa tidur aja :)

Semoga detox besok juga berjalan lancar.

Aamiin
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments: