Tuesday, September 14, 2004

Did u know?? Our brain is like a sleeping giant...

Otak ternyata memiliki satu trilyun sel, termasuk 100 milyar sel syaraf aktif dan 900 milyar sel lainnya yang menempel, memberi makan dan mengisolasi sel-sel yang aktif. Masing-masing sel dapat tumbuh hingga 20000 cabang dari 100 milyar sel syaraf. Otak memiliki tiga sisi yang berbeda satu sama lainnya; sisi insting, sisi emosional dan kulit otak yang menakjubkan.
Otak memiliki dua sisi yang bekerja secara selaras, yaitu otak kiri (otak akademik) dan otak kanan (otak kreatif). Otak memiliki tujuh perbedaan pusat intelegensi.
Otak beroperasi pada paling sedikit 4 gelombang panjang. Ia mengontrol system tranmisi yang memantulkan pesan-pesan elektrik kimia dengan segera ke setiap bagian dari tubuh. Otak bekerja secepat telepon exchange yang mengumpulkan jutaan pesan dalam sedetik antara sisi kiri dan sisi kanan otak.

Subhanallah..itulah keajaiban otak.Potensi besar ini akan seperti raksasa tidur jika dibiarkan saja…like a sleeping giant..

Pakar pendidikan anak dari Harvard University-DR Deborah Waber mengungkapkan:”Ya! Jika anda ingin mengembangkan anak-anak, mulailah dari otaknya, mereka tentu saja tak membaca dengan ginjalnya”.

Lima puluh % kemampuan intelektualitas seseorang dikembangkan pada masa 4 tahun pertamanya….?
30% selanjutnya dikembangkan menjelang ulang tahun kedelapan..?
Sedikit sisanya yang 20% dikembangkan hingga usia 18 tahun…nah…kalau sudah diatas 18 tahun maka akan sangat sulit bagi kita untuk mengembangkan kadar intelektualitas otak…

Jadi….bagi para ibu-ibu and moms to be…
Tahun-tahun pertama kehidupan… sangat penting dan menjadi landasan bagi proses belajar di masa depan.

Kalau tadi kita berbicara tentang perkembangan intelektualitas anak….maka demikian pula dengan perkembangan fisik otak anak.
Usia 3 minggu kehamilan…otak sudah mulai terbentuk dan begitu bayi lahir..ia telah memiliki 350 gram otak atau 25% dari ukuran otak dewasaa. memasuki usia 6 tahun, otak anak telah 90% ukuran otak dewasa. Pada saat berusia 18 tahun, anak telah memiliki 100% ukuran otak dewasa.


Subhanallah…..di usia balita, perkembangan fisik otak anak telah mencapai 90% ukuran otak dewasa! Betapa pentingnya memberikan gizi dan stimulasi yang optimal untuk perkembangan otak balita…

Ingat, anak berpikir dengan otak,bukan ginjal…apalagi dengkul :D…:p

No comments: