Monday, February 07, 2005

Selamat Tahun Baru Hijriah....

Image Hosted by ImageShack.us

Keluarga Zulkarnain mengucapkan:

SELAMAT TAHUN BARU HIJRIAH (10 Februari 2005) 1426 H

Semoga di tahun baru ini dapat membawa kita semua menuju pada ridha-Nya:) Amin

Kepada yang berkesempatan, disunnahkan untuk menjalankan puasa selama 10 hari sejak tangal 1 Muharram ini. Di riwayatkan di salah satu hadits bahwa puasa Muharram ini akan menghapuskan dosa-dosa kita selama setahun:) Amin

Ngomong-ngomong..apa sih sebenarnya hakikat hijrah itu??

Hakikat hijrah yang sebenarnya adalah apa yang disebut dengan hijrah ma'nawiyah, yaitu hijrah dalam arti meninggalkan segala bentuk yang tidak dibenarkan oleh Allah Swt.
Dalam hal ini Rasul Saw bersabda:Orang yang berhijrah itu adalah orang yang meninggalkan apa-apa yang dilarang Allah atasnya (HR. Bukhari dan Muslim).

Apabila kita sederhanakan, sekurang-kurangnya ada empat bentuk hijrah secara ma'nawi.

1.Hijrah i"tiqadiyah, yaitu meninggalkan segala bentuk keyakinan, kepercayaan dan ikatan-ikatan yang tidak dibenarkan oleh Allah Swt. Ini merupakan kemestian bagi setiap muslim sehingga sangat tidak dibenarkan apabila keyakinan dan kepercayaan seorang muslim masih bercampur dengan keyakinan dan kepercayaan yang tidak Islami

2.Hijrah fikriyah, yaitu meninggalkan segala bentuk pola berpikir yang tidak sesuai dengan pola berpikir yang Islami, ini berarti setiap muslim harus selalu berpikir dalam kerangka kebenaran Islam, dia tidak boleh memikirkan sesuatu guna melakukan hal-hal yang tidak benar.

3.Hijrah syu'uriyah, yaitu meninggalkan segala bentuk perasaan yang cenderung kepada hal-hal yang tidak benar, bila orang sudah hijrah dari perasaan-perasaan yang tidak benar, maka jiwanya menjadi hidup sehingga jiwanya menjadi sensitif atau peka terhadap segala bentuk kemaksiatan yang membuatnya tidak akan membiarkan kemaksiatan atau kemunkaran itu terus berlangsung.

4.Hijrah sulukiyah, yaitu meninggalkan segala bentuk tingkah laku yang bertentangan dengan ketentuan-ketentuan Allah Swt. Ini berarti seorang muslim sangat tidak dibenarkan melakukan hal-hal yang dilarang Allah dan Rasul-Nya, maka kalau yang dilarang itu tetap dikerjakan oleh manusia, cepat atau lambat, manusia itu akan mengalami akibatnya, baik di dunia maupun di akhirat, begitu juga dengan perintah Allah yang tidak dikerjakannya.

Dari pembahasan di atas menjadi jelas bagi kita bahwa hakikat hijrah itu sebenarnya adalah komitmen pada ketentuan-ketentuan dengan meninggalkan segala bentuk sikap dan prilaku yang tidak menunjukkan ketaatan kepada Allah Swt.

Hijrah harus kita lakukan sepanjang perjalanan hidup kita sebagai muslim, kesemua ini tentu saja menuntut kesungguhan (jihad). Karena itu iman, hijrah dan jihad merupakan kunci bagi manusia untuk meraih derajat yang tinggi dan kemenangan dalam hidup melawan musuh-musuh kebenaran.

"Orang-orang yang beriman, berhijrah dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan."
(QS 9:20).

Dikutip dari sini

SELAMAT BERHIJRAH MENUJU RIDHA-NYA..:)

10 comments:

Adna & Adam said...

Selamat Tahun Hijriyah juga. Semoga hakikat hijriyah yang ditulis dalam blog ini dapat kami amalkan. Amiinnn..

Anonymous said...

Bunda dan Keluarga, Selamat Tahun Baru Hijriyah 1426. Semoga kita lebih baik lagi di tahun mendatang. Amin.

Kakek Fay dioperasi prostatnya. Tapi sekarang sudah pulih, meski konsul masih terus berlangsung. Oleh-oleh, ya cerita perjalanan Fay ke sana. :)

Ayahnya Fay

OP Zaharin said...

salam tahun baru buat bunda sekeluarga :)

Anonymous said...

Selamat taun baru hijriyah bunda, pak zul dan shaffiya. semoga rapot kita menjadi lebih baik taun ini yaa
-maknyak-

Anonymous said...

Asyeeekkk Met taon Baru Hijriyah buat keluarga Zulkarnaen :-)..mmm, pasti banyak makanan :-)..

XXX Shierly : http://shierly.blogdrive.com/

Anonymous said...

Selamat tahun baru Hijriah buat Keluarga Zulkarnain :)

Anonymous said...

ups, lupa nulis nama, dari keluarga Alamsyah ;)

Hani said...

selamat tahun baru hijriyah buat bunda sekeluarga. semoga kita selalu mampu berhijrah untuk jadi lebih baik ya.

bagaimana ujiannya bu dokter? semoga sukses. saya juga mau dong ditraktir di jendela resto n cafe :)

Hani said...

selamat tahun hijriyah buat bu dokter sekeluarga. semoga kita mampu berhijrah untuk menjadi yang lebih baik ya

gimana ujiannya? semoga sukses bu. saya juga mau dong ditraktir di jendela resto n cafe kaya' uyet...hehehe

neenoy said...

selamat tahun baru hijriyah...