Tuesday, August 30, 2005

D untuk DEMAM

Jumat 26 Agustus 2005..
Bangun jam 3 pagi..badan panas, sakit kepala dan suara tak ada..Hm..OK..aku demam..respiratory tract infection?? maybe...
Aku minum Paracetamol 1 gram dan Amoxycillin 500 mg lalu coba tidur lagi..
Iya dong..orang demam..mana boleh pergi kerja..
Harus tinggal di rumah, makan obat teratur, minum banyak air putih dan tidur..Begitu kan nasihat dokter? Oh..well..

Tiba-tiba pukul 5.30 aku terbangun dengan perasaan cemas.. Iya lah..aku kan saat ini bertugas di Emergency Room dan sendiri pulak! Tak ada dokter yang akan cover aku di Instalasi Rawat Darurat-bagian I.P.Mata kalau aku tidak masuk hari ini..:-(

Suamiku sudah mulai ribut-ribut, sebab aku demam kok harus pergi kerja juga. Tapi..mau gimana lagi ?? Lagipun aku cuma demam aja kan? ... masih bisa jalan, belum harus masuk ICU . Kerja macam aku ini kan, kalau sudah masuk ICU hooked up to life support machine baru dapat ijin. Baru boleh cuti…sakit..

08.30 am aku sudah ada di Emergency Room.
OK..Seorang orang sakit merawat orang sakit yang lain... ..

Habis jam dinas di ER, masih harus jaga..kalau-kalau ada emergency call dari ER. OK..biar dr jaga 1 (dokter juniorku) tangani dulu...Biarlah aku tidur di ruang dokter jaga.

18.30 pm dr.NA called konsultasi tentang patient yang mata kanannya kena plat besi..

22.00 pm. Aku dah ada di ruang operasi yang dingin menusuk tulang..(maybe karena aku demam ya..) untuk operasi pada mata si pasien yang robek karena plat besi itu..Operasi berlangsung hingga pukul 00.30 pm.

02.30 am ada pasien datang terkena luka bacok di wajahnya dan mengenai matanya. Muntah-muntah..I think there is something wrong in his brain..Intra Cerebral Hemorrhage?? Aku minta dr NA untuk CT SCAN pasien itu..ternyata yak betul!! Dia ada perdarahan otak..masukkan ke ruang RESUSITASI karena kesadaran mulai menurun..

Sabtu,27 Agustus 2005
07.00 a.m Akhirnya balik pulang ke rumah untuk istirahat..finally..hopefully..

Aku bukan mau cerita tentang pengorbanan aku pergi kerja walaupun demam²... Aku bukan pula ingin jadi pahlawan. The moral of the story is... tolong ..hargai kerja dokter..jangan cuma bisa menuntut aja..cuma bisa complain aja.The next time jumpa dokter coba tanya dokter itu apa khabarnya?... Coba lihat muka dia, pucat nggak?.. bibir dia kering nggak?... mata dia berair tak?... Coba lihat dokter itu sendiri sakit tak?


sebab......orang demam.. seharusnya..mana boleh pergi kerja...

No comments: